BlogApuccino

Agustus 17, 2008

Merokok

Filed under: Uncategorized — siahaan88 @ 10:21 am

Data terbaru 2008 dari Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM3) menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara pengkonsumsi tembakau no. 3 di dunia setelah Cina dan Rusia. Atau dengan kata lain, nomor wahid di antara negara-negara berkembang. Tidak heran, hampir di setiap sudut jalan kita melihat manusia yang mengepul-ngepulkan asap dari mulut maupun hidungnya. Kita sudah sama-sama tahu merokok itu berbahaya, karena dapat menyebabkan banyak penyakit berbahaya.

Kita tahu, merokok menyebabkan kecanduan dan menjadi kebiasaaan yang sangat berbahaya, seperti halnya dengan kebiasaan ngorek upil ataupun kentut sembarangan (becanda..). Ternyata, menurut hasil penelitian para ahli dan diterbitkan dalam jurnal Addiction , kecanduan akan rokok dipengaruhi oleh semacam gen (kompas.com). Gen ini akan menimbulkan rasa nikmat ketika pertama kali mencoba menghisap rokok, bukan malah terbatuk-batuk ataupun sesak nafas. Susunan gen ini pada tubuh juga merangsang perkembangan sel kanker paru-paru. Untu itulah, para pecandu rokok yang memiliki pengalaman pertama yang indah dengan rokok, harap berhati-hati.

Sedkedar mengingatkan kembali, rokok mengakibatkan sembilan dari 10 kasus kanker paru-paru, penyebab utama kematian akibat kanker pada pria di seluruh dunia dan penyebab utama kedua kematian pada perempuan.

Jadi, WASPADALAH..

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.